Sergai

Mengantisipasi Bencana Alam Karhutla Tahun 2024, Polres Sergai Gelar Apel Di Lapangan Hijau Polres Sergai

Sergai, sanubarinews.com | Untuk mengantisipasi bencana alam karhutla di tahun 2024 Polres Sergai melakukan apel di lapangan hijau Polres Sergai Kamis 25/07/24.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya, Kapolres Serdang Bedagai AKBP Jhon Hery Rakutta Sitepu, S.I.K., M.H dan Forkopimda lainnya.

Bupati Sergai H. Darma Wijaya memimpin langsung kegiatan tersebut.

Bupati mengatakan “Apel gelar pasukan merupakan bentuk kesiapan kita semua untuk menjaga seluruh alam dan kawasan kehutanan di Kabupaten Serdang Bedagai dan diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar”ucap Darma.

Menurut data pada aplikasi Lancang Kuning, kurun waktu 01 juli s/d 15 juli 2024 telah terdeteksi 269 titik api yg terjadi di wilayah hukum polda sumut dengan 3 titik api skala low 265 titik api skala medium dan 1 titik api skala high yg terjadi di Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun.

H. Darma Wijaya juga menyampaikan “Pemda bersama TNI, POLRI dan BMKG, telah mengambil langkah – langkah strategis dalam hal penanganan Karhutla, seperti Melakukan patroli secara rutin ke perusahaan / korporasi untuk mengecek sarana prasarana untuk penanggulangan karhutla, Melibatkan babinsa, bhabinkamtibmas dan kepala desa dalam mencegah Karhutla, dan Kita semua harus memiliki persamaan persepsi dalam proses penegakan hukum dengan gakkumdu plus (criminal justice system dan kementerian lingkungan hidup), sehingga penerapan sanksi hukum yang berat bagi setiap pelaku karhutla baik perorangan maupun korporasi, dapat diberikan tindakan tegas untuk menimbulkan efek jera terhadap setiap pelaku Karhutla.”Ujarnya.

Bupati Sergai juga berharap” Pemda bersama TNI, Polri, BMKG, Masyarakat bisa saling membantu demi mengantisipasi karhutla ini”Tutupnya.(Red/MP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *